Beberapa Tips Jitu Mengatasi Demam Panggung

      Bagaimna cara mengatasi rasa gugup atau nervous, disini ada beberapa tips yang anda ptraktekan. Oke ,, sebelum masuk ke beberapa tips tersebut saya musti ulang lagi bahwa rasa nervose di belakang panggung atau sebelum mangung itu akan selalu ada, bahkan penyanyi-penyanyi besar sudah mengakui bahwa mereka bahkan tetep nervous jadi intinya nerovus itu suatu bagian bagi fervorment, nervous itu sesuatu yang wajar bahkan mungkin kalau nervousnya nggak ada jadi nggak greget  justu kita enak kalo kita nervous ada gregetnya.

     Oke sekarang kita masuk ke beberapa tips itu dan tips ini saya kumpulin dari banyak sumber dan ini saya anggap tips yang sangat mebantu :


Beberapa Tips Jitu Mengatasi Demam Panggung

1. Persiapan yang matang sebelum pentas.

Ada banyak hal yang harus kita persiapkan misalnya : persipan materi disini dalam arti kta sudah hapal materi itu diluar kepala. Persiapan kostum : misalnya kostun mana yang cocok untuk naik ke panggung. sebagai intinya segala property untuk kebutuhan manggung kita persiapkan secara matang.

2. Mengatur nafas.
Alangkah baiknya sebelum kita masuk ke panggung atur dulu pernapasan kita karena dengan mengatur pernapasan detak jantung kita akan mengikuti ritme penapasan yang kita buat sehingga kita akan lebih relax.

3. Datang lebih awal.
Sebelum kita mengisi sebuah acara alangkah baiknya kita datang lebih awal supaya kita bisa melihat suasana panggungnya seperti apa ?.., kita bisa lihat kursi-kursi penontonnya seperti apa..? sehingga kita lebih mantap untuk manggung nantinya.
 
4. Perbanyak jam terbang.
      Dengan kita memperbanyak jam terbang kita akan menumbuhkan rasa percaya diri dan kita semakin tahu apa yang akan kita lakukan dan kita semakin tahu waku expext di atas  panggung jadi dengan seiringnya kita nambah pengalaman rasa gugup atau nervouse akan menurun.

5. Fokus pada karya.
      Kalau kita nervous kadang kadang kita memikirkan diri sendiri contohnya : baju saya gimana ya..? atau sepatu saya patas nggak ya..? dan hal itu  sesuatu yang harus kita hilangkan dan kita jangan terlalu fokus ke diri sendiri melainkankan kita fokus ke karyanya, fokus ke lagunya, fokus ke bahannya, fokus ke materinya yang akan di present kan  misalkan kita mau konser lagu tertentu kta harus fokusnya ke lagu itu.

6. Memasang gestur kemenangan.
       Dalam hal ini posisi kita di ata panggung seolah olah kita memasang badan telah meraih suatu kemenangan dan usahakandan kita harus tonjolkan percaya diri kita.

7. Menghilangkan asumsi.
      Kita jangan berasumsi terhadap penonton misalnya ; penontonnya suka nggak ya sama saya ?, penontonnya suka ga  ya.. sama lagu yang aku nyanyikan ? nah kita harus hilangkan asumsi tu karna itu belum tentu benar.

8. Penonton adalah setara.
      Kia harus menganggap Audiens atau penonton teman sepantar dengan kita jadi mereka itu selevel dengan kita bukan orang-orang yang harus kita takuti yang menimbulkan rasa kerdil terhadap diri kita sendiri  tapi kita jadikan performent kita sebagai obrolan santai seperti kita sama temen

Itulah beberapa tips untuk mengatasi demam panggung.. semoga bermanfat

1 Komentar untuk "Beberapa Tips Jitu Mengatasi Demam Panggung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel