Karakter Vokal Dan Bagaimana Cara Membangunnya

      Hallo.. sekarang mari kita bahas sedikit tentang karakter, akhir-akhir ini banyak banget orang yang bertanya " bagaimana sih kita nyanyi yang berkarakter ?".Apa itu karakter ?. Pertanyaan ini yang akan kita bahas dulu sebeum kita masuk ke penjelasan yang selanjutnya.

      Karakter adalah sesuatu yang membuat seorang penyanyi itu diingat oleh pendengarnya dan juga yang membedakan seorang penyanyi dari penyanyi-penyanyi yang lain. Kita bayangkan sekarang jumlah penyanyi buaaaanyak..banget, yang bagus, yang jago buaaanyak banget.., tapi ada beberapa penyanyi yang spesial, dia bisa muncul di permukaan, itu jelas bahwa penyanyi tesebut memiliki apa yang disebut dengan karakter.

    Karakter itu bisa jadi.. warna suara, bisa juga cara dia menyebutkan kata-kata, bisa juga cara dia bernafas, bisa juga cara dia nyanyiin improfisasi dan sebagainya. Jadi bannyak sekali faktor yang menurut saya agak sulit untuk di ukur, tetapi yang jelas kita dapat membedakan penyanyi yang kuat karakternya dengan yang tidak. Dengan begitu  hal yang pasti kita harus hindari apabila kita ingin mengembangkan karakter kita sendiri adalah :


Jangan meniru gaya orang lain.

   Dengang meniru gaya orang lain bisa juga dikatakan pembunuhan karakter dan hal inin hal yang sangat-sangat yang harus kita hindari, Misalnya kita suka banget denga salah satu penyanyi terus kita pengin seperti dia, sebenarnya uru merupakan sesuatu yang bagus buat motivasi tapi kalo kita niru dia cara nyanyinya, gaya nyanyinya, improvisasinya, itu akan membunuh karakter kita yang sebenarnya. Jadi intinya kita harus belajar untuk percaya diri dengan apa yang kita punya dan apa yang menjadi style kita.


Bagaimana cara memiliki kepercayaan diri ? 

     Memiliki kepercayaan diri kita sendiri, supaya kita tahu bahwa kita punya style sendiri yang berbeda dengan orang lain dan kita yakin dengan style kita itu sendiri. Ada 3 hal yang bisa anda lakukan :

1. Pebanyak referensi.
Referensi yang saya maksud itu bukan cuma musik tap juga konser... misalnya kita datang ke konser live, nonton video live feforment dsb. Disitu jita perlu referensi sebanyak-banyaknya, denger musik sebanyak-banyaknya, dari berbagai macam "Genre" sehinga di situ diri kita bisa mempunyai kesimpulan ternyata lagu ini bisa dibuat seperti ini, ternyata lagu rock itu stylenya seperti ini,  jadi kita tahu banyak sekali kemungkinan dalam musik karena kalo kita tidak tahu bagaimana kemungkinan-kemungkinan itu bagaimana kita tahu bahwa kita berbeda dengan yang lain.

2. Meningkatkan jam terbang ( manggung )
Yang saya maksud manggung disini bukan harus dalam sebuah acara yang besar acara-cara kecilpun tidak masalah seperti : acara kantor, acara sekolah bahkan acara keluarga sekalipun yang penting dia merupakan performents di depan banyak orang, karena dengan p roses itu kita bisa memberikan pengalaman dan meningkatkan rasa percayac diri karena kita sudah tahu bahwa kita sudah melewati dari suatu performents ke performents yang lain.

3. System evaluasi.
Kalo anda  punya kesempatan untuk merekam suara atau video anda setelak itu k ita nilai sendiri pa yang kita suka dengan performent kita kita keep dan kita kembangin 

Dmikian tentang cara bagaimana membangun karakter vokal.. semoga membantu

Ref : Indra Aziz -VokalPlus

Belum ada Komentar untuk " Karakter Vokal Dan Bagaimana Cara Membangunnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel