Merubah Nada Dasar Style Yamaha PSR Selain C Menjadi Nada Dasar C

   Halo sobat. .Banyak sekali kita jumpai sebuah style yamaha psr terutama style semi yang kalo kita mainkan di perangkat keyboard teryata antara INTRO dan MAIN berbeda nada dasar,  apalagi hal ini sangat dirasakan dikala kita menggunakan fasilitas transpose, sebagai contoh untuk intro ternyata adanya di nada dasar E dan Main berada di nada dasar C. ini tentu sangat nerepotkan untuk kita sebagai player  betapa tidak. seorang penyanyi kita iringi dengan intro nada dasar E da di MAIN arus masuk ke nada dasar C.. bayangkan.. ha..ha.. ha..betapa kacaunya..

   Setiap lagu yang diciptakan oleh seorang komposser tentunnya diciptakan dengan nada dasar yang bervariasi, begitupun seorang Arranger saat menciptakan style terutama pada intro, kebanyakan mereka mengikuti nada dasar aslinnya, misalkan lagu tersebut diciptakan dengan nada dasar E tentunya mereka akan membuat intro style dari nada dasar E.  karena itu akan lebih mudah sebab akan dibarengin dengan mendengarkan lagu atau musik itu sendiri dari sebuah rekaman kaset ataupun video.

Oke kita langsung saja ke pokok permasalahan..

     Pertama harus kita dengarkan atau kita mainkan dulu style yang akan kita rubah nada dasarnya dan harus kita yakinka dimana nada dasar itu berada, Sebagai contoh kita misalkan pada nada dasar E.

Merubah Nada Dasar Style Yamaha PSR Selain C Menjadi Nada Dasar C


Hidupkan perangkat keyboard Yamaha PSR kita, kemudian tekan FUNCTION > Pilih DIGITAL REC MENU > Pilih STYLE CREATOR > Pilih PARAMETER

"Di Bagian PARAMETER kita harus berhati-hati karena banyak sekali fitur yang bisa di ubah-ubah sehingga kalau kita tidak hati - hati akan berakibat fatal pada style yang akan kita edit"

Pada Jendela PARAMETER biarkan saja yang terseleksi angka nomor 1 yaitu yang berisi PLAY ROOT : C dan sebelahnya CHORD:M7 ok yang ini kita abaikan saja. Langsung saja kita menuju tampilan pada layar paling bawah, disana ada tabel PLAY ROOT, nah disinilah kuncinya,... kita tinggal menseleksi nada darar mana style itu dibuat misalka style itu di buat pada nada dasar E  maka kita seleksi atau kita pilih E pada tabel itu. demikian proses itu ber ulang dari chanel 11 sampai chanel 16, setelah selesai kemudian save. Demikian tutorial Merubah Nada Dasar Style Yamaha PSR Selain C Menjadi Nada Dasar C semoga bermanfaat.. Salam kompak....

1 Komentar untuk "Merubah Nada Dasar Style Yamaha PSR Selain C Menjadi Nada Dasar C"

  1. Ini manfaat banget... bisa tolong sms saya di 081929100424 msh ad yg blm jlas

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel