Solusi Mengganti Voice Drum Midi Standard Yang Terkunci Menjadi Voice Sampling

   Haloo Sobat keyboardist.. dalam tutorial ini saya akan memberikan solusi bagaimana cara mengganti voice drum midi standard yang terkunci alias tidak bisa diganti dengan voice drum sampling. Banyak sekali lagu-lagu midi yang bertebaran di internet dan tidak sedikit lagu midi tersebut yang mempunyai kualitas bagus dan suatu saat kita memerlukan midi tersebut untuk keperluann menambah koleksi midi kita.
   Sobat mungkin tidak asing lagi dengan kemajuan teknologi yang bisa membuat keyboard kita dimainkan dengan suara kendang, drum, bass dll yang lebih real yaitu dengan teknologi sampling, sayang sekali kan. bila musik midi yang kita dimainkan tidak menggunakian fasilitas itu ? sedangkan drum voive midi tersebut tidak bisa diganti alias terkunci, mungkin pengalaman saya ini bisa memberikan solusinya dan yang saya praktekan ini menggunakan samplin internal ( Expansion Pack ) Yamaha.

Saya asumsikan sobat sudah mempunyai kit sampling yang standard dalam arti voice sampling sobat mempunyai mapping drum ( letak voice dalam tuts ) sesuai dengan aslinya,,karena kebanyakan midi yang GM ( General Midi ) menggunakan satu track drum saja yaitu track 10.

Untuk bisa menjalankan tutorial ini sobat tidak bisa mengerjakannya di perangkat keyboard sobat, tepapi harus dikerjakan dengan fasilitas komputer atau laptop dan tentunya dengan bantuan sebuah software yaitu CAKEWALK PRO AUDIO 9. Baiklah kita langsung sja ke tutorialnya. Ada dua tahapan yaitu pengerjaan melalui komputer kemudian dilanjutka di perangkat keyboard itu sendiri.

Pengeditan midi melalui PC

1. Silahkan buka program cakewalk yang sudah sobat instal di laptop sobat.
2. Masukan file midi yang akan dirobah voice drumnya dengan cara FILE >OPEN> Cari letak midi  kemudian OK
3. Klik chanel atau track drum ( track 10 ) kemudian copy chanel tersebut ke track yang kosong dengan cara tekan CTRL pada keyboard kemudian drag atau geser ke track yang kosong.
4. Seting track drum yang baru: Pada kolom Chn rubah no chanel seseai dengan track yang ditempati karena biasanya kalo hasil copy paste no chane sesuai dengan non chanel aslinya, maka rubahlah seseai dengan no chanel yang ditempatinya misalya voive dru itu di copy ke track 7 maka kolo Chn diganti dengan angka 7
4. Hapus chanel asli track drum tersebutn yaitu chanel 10

Solusi Mengganti Voice Drum Midi Standard Yang Terkunci Menjadi Voice Sampling


Sampai disini pengerjaan melalui PC sudah selesai

Pengeditan melalui perangkat keyboard
1. Buka midi yang suda di edit di komputer
2. Ganti voice drum yang sudah di edit di komputer dengan voice sampling ( coba diputar )
3. Masuk ke menu pengeditan midi dengan cara tekan tombol FUNCTION kemudian DIGITAL REC MENU kemudia SONG CREATOR
4. Buka halaman chanel > aktip kan kolo SETUP > TEKAN TOMBOL EXECUTE.
5. Selesai

Selamat..! sobat sudah bisa mengganti voice drum standard menjadi voice sampling. Sekian tutorial ini semoga bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "Solusi Mengganti Voice Drum Midi Standard Yang Terkunci Menjadi Voice Sampling"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel