Rekam Multi Track Song Midi Yamaha PSR

        Artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara merekam midi song dengan multi recording , dalam arti kita bisa menambah beberapa instrument dalam track midi tersebut misalnya kita akan menambah voice melodi atau pun suling. Mungkin, dengan hanya dua tangan, Sobat tidak bisa memainkan semua bagian yang ingin Sobat mainkan secara real time. Solusi kedua adalah merekam satu bagian saja. Kemudian kembali ke awal lagu dan saat  dimainkan, tambahkan voce lain ke song tersebut. Sobat bisa melanjutkan proses pembuatan instrumen satu per satu. Oke silahkan simak Langkah langkahnya

Kita perhatikan di bagian SONG panel depan

:
Langkah 1: Tekan dan tahan [REC], lalu tekan [TOP] untuk membuat Song baru.
Langkah 2: Pilih Suara atau Style yang diinginkan untuk direkam.

Langkah 3: Bagaimana memilih chanel yang akan Sobat rekam, tekan tombol CHANNEL ON / OFF sampai Sobat melihat 16 chanel yang akan ditampilkan. Tekanlah  tombol itu secara bergantian antara chanel 8 bagian acord dan 16 saluran. Untuk melihat ke 16 chanel sekaligus maka dengan cara tahan tombol [REC] sambil menekan tombol [1] - [8] di bagian bawah layar utama. Apabila Sobat menggunakan Quick Record dari awal, Track 1 dan 2 dapat digunakan dengan voice kanan dan kiri. OK, pilih track 3 untuk menambahkan suara lain. Saluran yang dipilih akan menampilkan REC di layar.

Rekam Multi Track Song Midi Yamaha PSR


Langkah 4: Setelah Sobat memilih chanel, layar PART muncul dan  Sobat bisa  memilih bagian yang akan direkam (MAIN, LAYER, LEFT, PAD1, PAD2, PAD3, PAD4, ...). Gunakan tombol [C] dan [D] untuk  memilih bagian yang akan Sobat rekam. Untuk menambahkan String, Sobat dapat mengatur suara UTAMA Sobat sebagai String, pilih chanel 3, lalu pilih MAIN . Sekarang mulai lagu dan tambahkan voice itu ke Song di manapun Sobat  inginkan.

Langkah 5: Untuk merekam beberapa Channels / Parts secara bersamaan, ulangi langkah 2 - 4. Setiap kali, tambahkan saja alat lain.

Langkah 6: Untuk memulai recording, mulai memainkan keyboard, atau tekan tombol [START / STOP]  di bagian SONG pada panel depan.

CATATAN: Pada saat merekam Auto Accompaniment  dari Style, alangkah baiknya sobat menyalakan tombol [INTRO] dan [SYNC. START] tombol pertama (LED warna merah keduanya akan menyala), lalu putar akord untuk Style untuk menghidupkan proses rekaman. Dengan cara ini Song  terdengar lebih profesional.

Langkah 7. Untuk berhenti merekam, tekan tombol [REC]. Jika merekam Style, tombol [ENDING / rit] juga bisa digunakan untuk akhir yang terdengar profesional.

Langkah 8: Putar kembali rekaman:

Tekan tombol [TOP].
Tekan tombol [START / STOP] perak untuk memulai Lagu.
Tekan tombol perak [START / STOP] lagi untuk menghentikan lagu.
Langkah 9: Untuk merekam bagian tambahan, ulangi langkah 2 - 8.

Menyimpan Song midi Sobat.

  Jika sbat tidak ingin song yang dibuat itu hilang, Maka sobat  perlu menyimpan song tersebut, baik di area USER atau di FLAHDISK. Jika Sobat melihat layar utama di jendela SONG, Sobat akan melihat bahwa lagu saat ini disebut "NewSong". Ikuti langkah-langkah ini untuk menyimpannya.

Tekan [A] untuk membuka SONG Screen.
Tekan [NEXT] untuk pindah ke area USER. (Anda dapat menekan [NEXT] lagi untuk pindah ke daerah FLASHDISK.)
Jika Anda melihat area USER atau FLOPPY DISK, Anda akan melihat bahwa opsi SAVE [6] sekarang tersedia. Pilih opsi itu.
Anda akan diberi kesempatan untuk "memberi nama" lagu Sobat. Dan beri nama lagu song sobat.
Sekarang Sobat bisa merestart  keyboard Sobat dan saat kembali lagi, song  yang Sobat rekam masih berada di area USER atau di flashdisk. Cukup muat dan tekan [START / STOP] untuk mendengarnya lagi.
Demikian tutorial cara merekam song midi dengan multi track.. semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Rekam Multi Track Song Midi Yamaha PSR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel