Cara Membuat PPI Untuk Keyboard Yamaha PSRs 670 770 Dan 970

   Kali ini saya akan membuat artikel sebuah tutorial bagaimana cara membuat Expansion Pack untuk alat musik keyboard type ymaha PSR-S670, 770, 970 atau biasa dinamakan juga PPI. tidaklah jauh berbeda dengan atikel sebelumnya  bagaimana membuat YEP hal ini juga masih berhubungan erat dengan sampling internal yamaha psr-s670 sampai 970. Jenis keyboard ini adalah merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya yaitu typ PSR-S650, 750, 950 dan A2000 dan extensi file expansion pack  nya pun sudah sudah berbeda yaitu PPI walaupun cara kerjanya sama. 

Macam macam kapasitas atau besar file yang di ijin kan untuk tiap jenis type keyboard sehingga kita tidak sembarangan membuat file PPI masalahnya harus disesuaikan dulu dengan type keyboardnya disini saya akan jelaskan berapa kapasitas yang di ijinkan untuk membuat ppi setiap jenis keyboard.


1.; Type Yamaha PSR-S670 maksimal kapasitas PPI yang di ijinkan   64 Mb
2.  Type Yamaha PSR-S770 maksimal kapasitas PPI yang di ijinkan  256 Mb
3.  Type Yamaha PSR-S970 maksimal kapasitas PPI yang di ijinkan  512 Mb

Setelah kita tahu kapasitas memory expansion pack dari jenis keyboard yang kita buat  barulah kita bisa memulai pembuatannya.

Alat pendukung membuat ppi psrs 670

 


1. Siapkan software pendukungnya yaitu YAMAHA EXPANSION MANAGER (YEM) silahkan  download software nya disini
2. Siappkan sound sampelnya, untuk sampel kendang silahkan download disini pasword : cakrawalamusik.com. 

Setelah bahan bahan yang diperlukan sudah siap sekarang kita tinggal memulai untuk pembuatanngya. Silahkan sobat instal dulu program YEM, saya asumsikan Rekan Sobat sudah bisa  untuk menginstalnya senhingga disini tidak akan saya jelaskan kembali cara instalnya, setelah program tersebut ter instal maka tampilannya akan terlihat seperti gambar di bawah.

Cara Membuat PPI Untuk Keyboard Yamaha PSRs 670 770 Dan 970


Setelah program terbuka klik tombol plus ( + ) pada kolom MY PACK > CREATE PACK  dan akan muncul icon bergambar not balok dengan nama  icon PACK 001  silahkan rename ( ganti nama ) atau tidak juga ngak apa-apa, kemudian klik tanda + pada kolom PACK 001 disana akan muncul tiga pilihan yaitu CREATE NORMAL VOICE, CREATE DRUM VOICE, IMPORT CONTENT. Tutorial yang saya contohkan disini adalah untuk membuat suara kendang maka kita harus memilih menu CREATE DRUM VOICE setelah di klik maka akan muncul gambar icon bertuliskan DRUM VOICE 001 kemudian dobel klik pada icon tersebut maka akan muncul tampilan baru pada program tersebut, setelah keluar tampilan baru kini saatnya kita memasukkan sampel audio wav ke masing masing tuts keyboaard tersebut dengan cara :

Mengisi tuts keyboard.

1. Klik dulu tuts mana yan akan kita isi misalnya c1 maka tuts tersebut akan berubah menjadi berwarna ungui
2.  Seret atayu drag file sampel wav ke dalam kotak puti di dalam kolom  WAVE ASIGN atai dengan cara klik tanda + kemudian maukkan fila  sampel wav lalu open.

Demikian untuk tuts berikutnya dengan cara yang sama, untuk selanjunya kita akan mendengarkan suara dari kendang setiap tut tersebut kita tinggal menekannya tetapi terlebih dahulu kita harus mengatur device audio yang ada di program tersebut karena pada waktu di install baru biassanya kolom device masih kosong caranya sebagai berikut. :

  Kliik gambar roda gigi pada program YEM letaknya ada di kanan atas tampilan program, kemudian pilih device audio yang tersedia di komputer sobat setelah dipilih tutup tampilan tersebut, selelah yakin dan sesuai dari keinginan kita dari letak sampel wav dalam tersebut .
Untuk selanjutnya silahkan sobat tentukan untuk jenis keyboard yamaha type berapa PPI yang akan sobat buat dengan cara :

Menentukan jenis keyboard

Tampilan masih di posisi tampilan tuts keyboard, klik tombol BACK ( berwarna merah ) kemudian klik tombol plus pada kolom INSTALL TARGET > IMPORT INSTRUMENT INFO > Masukan file PSR-Sxxx_InstrumentInfo (file ini ber extensikan .n27 ) dimana sobat menyimpan di dfalam hardisk sobat kemudian open dan langsung akan terlihat type yamaha yang akan menjadi target, kemudian klik icon tersebut sengga akan muncul tanda ceklist warna hijau, nah disilah saatnya kita menyimpan proyek kita menjadi file PPI CARANYA SEBAGAIBERIKUT :

Klik tombol SAVE AS PACK INSTALL FILE  yang terletak di bagian kanan atas program tersebut kemudian klikn tombol SAVE dengan demikian sobat sudah berhasil membuat PPI. emikian tutorial saya semoga bermanfaat

2 Komentar untuk "Cara Membuat PPI Untuk Keyboard Yamaha PSRs 670 770 Dan 970"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel