Home » » Konfigurasi PC Dan Instrument Yamaha Melalui Kabel MIDI

Konfigurasi PC Dan Instrument Yamaha Melalui Kabel MIDI

Posted by Cakrawala Musik Enterprise Song Dan Style Creator on Thursday, 18 February 2016

     Yamaha MIDI instrument (keyboard, nada modul, sequencer, dll) dapat terhubung dengan PC berbasis Windows melalui sound card  MIDI-kompatibel dengan 15-pin port MIDI / Joystick. Namun, agar sukses komunikasi MIDI terjadi, kabel MIDI, driver dan program aplikasi harus diinstal dan dikonfigurasikan.

    Kabel Yamaha MIDI / Joystick, bagian # TW6MC1, dianjurkan. Kabel yang kompatibel lainnya juga dapat digunakan. kabel yang menghubungkan port MIDI / Joystick pada Sound card komputer ke MIDI IN dan MIDI OUT port pada instrumen Yamaha MIDI (s).

TW6MC1 yang dapat dibeli di dealer Yamaha lokal atau dengan menelepon 'Yamaha Parts dan Aksesoris' di: (888) 892-6242 (Tekan '1' setelah panggilan tersambung). Klik "Cari Dealer", ditemukan di bagian atas halaman ini, untuk menemukan dealer Yamaha lokal.

1. Pengaturan pada Instrumen Yamaha MIDI:

Pengaturan default dari kebanyakan instrumen Yamaha MIDI biasanya akan bekerja dengan baik di sebagian besar konfigurasi MIDI tanpa harus membuat perubahan. Periksa untuk memastikan bahwa parameter dasar ditetapkan:

    MIDI Transmit Saluran = 1
    MIDI Menerima Saluran = 1-16
    Lokal = ON (Pengaturan ini berlaku untuk Yamaha MIDI keyboard saja)
    CATATAN: Beberapa instrumen Yamaha MIDI memiliki saklar 'HOST SELECT' yang terletak di kedua    bagian belakang, bawah atau panel samping. Pastikan bahwa saklar ini diatur ke posisi 'MIDI'.


2. Menghubungkan Single Yamaha MIDI Instrumen untuk PC:

    Masukkan steker 15-pin dari kabel ke 15-pin kabel MIDI / Joystick pada kartu suara.
    Sambungkan konektor MIDI berlabel 'MIDI IN' ke port MIDI OUT dari instrumen Yamaha MIDI.
    Sambungkan konektor MIDI berlabel 'MIDI OUT' ke MIDI IN pelabuhan instrumen Yamaha MIDI.


3. Menghubungkan Dua Yamaha MIDI Instrumen untuk PC:

    Masukkan steker 15-pin dari kabel ke 15-pin pelabuhan MIDI / Joystick pada kartu suara.
    Sambungkan konektor MIDI berlabel 'MIDI IN' ke port MIDI OUT pertama instrumen Yamaha MIDI (Contoh: Keyboard PSR).
    Sambungkan konektor MIDI berlabel 'MIDI OUT' ke MIDI IN port dari kedua instrumen Yamaha MIDI (Contoh: MU nada modul).
    CATATAN: Prosedur sambungan di atas berlaku untuk kabel Yamaha TW6MC1 MIDI / Joystick. Kebanyakan kabel tetapi tidak semua menggunakan prosedur setup yang sama seperti dijelaskan di atas. Mungkin ada kabel lain yang memiliki persyaratan konektivitas yang berbeda.


4. Memverifikasi MIDI Sound Card Instalasi Driver pada Windows:

    Klik tombol dari task bar Windows.
    Pilih 'Pengaturan'.
    Pilih 'Control Panel'.
    Double-klik pada ikon 'System'. halaman menu tab 'System Properties' akan muncul.
    Klik pada tab 'Device Manager'.
    Klik pada 'View perangkat tipe' tombol radio.
    Klik dua kali pada 'Sound, video dan pengendali permainan' yang terletak di 'View perangkat tipe' kotak daftar. Daftar driver perangkat akan muncul.
    Pastikan driver yang tepat untuk kartu suara dalam daftar.
    CATATAN: Seorang pengemudi MIDI biasanya akan diidentifikasi sebagai 'MPU-401' atau 'MIDI' kata akan berada di suatu tempat di dalam nama terdaftar sebagai dalam driver 'SB MIDI' yang SoundBlaster, misalnya. Jika tidak 'MPU-401' atau 'MIDI' terdaftar, hubungi kartu suara atau produsen komputer untuk memverifikasi kompatibilitas MIDI dari kartu suara.


5. Menetapkan MIDI output driver di Control Panel:

Memilih output driver MIDI di Control Panel memungkinkan komunikasi MIDI dari aplikasi berbasis Windows, seperti Media Player, untuk instrumen Yamaha MIDI. Berikut ini adalah prosedur dasar.

    Klik tombol dari task bar Windows.
    Pilih 'Pengaturan'.
    Pilih 'Control Panel'.
    Double-klik pada ikon 'Multimedia'. Halaman menu tab 'Multimedia Properties' akan muncul.
    Klik pada tab 'MIDI'.
    Pilih driver MIDI (Contoh: 'MPU-401' atau 'SB MIDI') tercantum dalam putih 'keluaran MIDI' kotak daftar. Setelah driver yang dipilih dari daftar kotak, maka akan muncul dalam kotak abu-abu tipis terletak di bawah kata-kata, 'Satu Instrumen'.
    CATATAN: Yamaha CBX driver dapat juga tercantum di sini jika driver ini telah diinstal di PC. Sopir Yamaha CBX diperlukan hanya jika instrumen Yamaha MIDI memiliki TO HOST pelabuhan dan port ini terhubung ke port serial pada PC melalui TO HOST kabel, Yamaha bagian # CCIBM. Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur 'TO HOST' dan Yamaha CBX driver klik.
    Klik untuk mengaktifkan driver dan kembali ke 'Control Panel', atau klik untuk mengaktifkan driver tanpa meninggalkan halaman 'Multimedia Properties'.


6. MIDI Aplikasi Setup:

 Prosedur dasar.Memilih Input dan Output driver MIDI :

 Buka aplikasi MIDI>Cari dan buka setup jendela MIDI.

    CATATAN: Sebagian besar aplikasi MIDI seperti Cakewalk ™ memiliki menu pengaturan MIDI mana driver MIDI dapat dipilih. Item menu Setup MIDI mungkin dinamai 'Setup', 'MIDI Devices', 'MIDI Settings', 'Preferensi MIDI', 'Project Options', dll Konsultasikan manual pemilik aplikasi untuk informasi konfigurasi tertentu.
    Pilih driver MIDI (Contoh: 'MPU-401' atau 'SB MIDI') yang akan digunakan untuk MIDI IN dan MIDI OUT. Hal ini akan memungkinkan aplikasi MIDI untuk mengirim dan menerima data MIDI ke dan dari instrumen Yamaha MIDI yang terhubung ke port MIDI / Joystick.
    Mengatur MIDI 'Thru' atau 'Echo' parameter sesuai dengan petunjuk pemilik aplikasi MIDI ini. Sebagai aturan umum, aplikasi MIDI Musik Pendidikan mengharuskan MIDI 'Thru' atau parameter 'Echo' diatur ke OFF dan, MIDI Sequencer dan aplikasi Notasi mengharuskan MIDI 'Thru' atau parameter 'Echo' diatur untuk ON atau ' Otomatis'.
    Mengatur pengaturan 'lokal' di instrumen Yamaha MIDI. Sebagai aturan umum, jika MIDI 'Thru' atau parameter 'Echo' diatur ke ON atau 'Automatic' dalam aplikasi MIDI maka pengaturan 'lokal' harus OFF. Jika MIDI 'Thru' atau Echo diatur ke OFF atau 'Manual' dalam aplikasi MIDI maka pengaturan daerah harus ON.
    CATATAN: Langkah 5 di atas berlaku untuk keyboard Yamaha MIDI dan pengendali dengan parameter 'lokal' saja.

7. Pengujian Koneksi MIDI:

Karena ada begitu banyak aplikasi MIDI, mereka tidak bisa semua akan dibahas di sini. Namun, dua jenis yang paling populer dari aplikasi MIDI yang baik MIDI sequencer / notator atau aplikasi pendidikan musik MIDI. Berikut ini adalah prosedur dasar untuk menguji koneksi MIDI baik menggunakan aplikasi ini.
MIDI Sequencer / Notasi Aplikasi:

    MIDI Out Uji
        Buka aplikasi MIDI.
        Memuat file MIDI.
        Memutar file MIDI.
        Pastikan bahwa musik dapat didengar dari instrumen MIDI.
    MIDI Dalam Uji
        Buka aplikasi MIDI.
        Pilih 'Lacak' atau 'Staf'.
        Mempersenjatai 'Lacak' atau 'Staf' untuk Recording.
        Klik tombol 'Record' dan bermain instrumen Yamaha MIDI.
        Pastikan bahwa data MIDI tercatat Track atau staf.


Aplikasi MIDI Musik Pendidikan:

    MIDI In / Out Uji
        Buka aplikasi MIDI.
        Mulai "Pelajaran". (Sebagian besar aplikasi akan memainkan karya musik dan kemudian meminta siswa untuk memainkan bagian yang sama. Musik yang dimainkan oleh aplikasi akan terdengar keluar dari instrumen Yamaha MIDI dan catatan yang dimainkan oleh siswa pada instrumen Yamaha MIDI akan mendaftar di aplikasi.)



Baca juga Artikel : Carra setting auto power of yamaha psr-s770,970

Thanks for reading & sharing Cakrawala Musik Enterprise Song Dan Style Creator

Bagikan ke orang lain!!
Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive