Convert Midi To MP3 Menggunakan Cakewalk Pro Audio 9

  Halo Sobat..kali ini saya akan membahas bagaimana cara meng-convert file midi menjadi file audio mp3 menggunakan program Cakewalk Pro Audio 9. mengapa menggunakan Cakewalk Pro Audio 9 ? karena menurut saya program ini merupakan progam squencer yang mudah dipahami tetapi fiturnya sangat komplit. Bagi sobat yang sudah mencoba membuat midi dengan program ini dan ingin hasil karyanya itu disimpan atau dikonvert menjadi file mp3 silahkan simak dan ikuti terus totorial ini, pada program ini memang cara kita mengkonvert file midi ke mp3 agak sedikit berbeda dengan program squencer lain karena di Cakekewalk Pro Audio 9 fitur ini agak tersembunyi dan tertulis denga istlah kata yang berbeda yaitu MIXDOWN AUDIO, dan tentunya sebelumnya harus melalui perekaman file midi tersebut

Tutorial konvert midi to mp3

1. Silahkan buka program cakewalk Pro Audio 9 di PC Sobat,
2. Kemudian masukkan file midi yang akan di konvert menjadi mp3 dengan cara : Klik FILE > OPEN (Ctrl+O) Secara otomatis Track kosong yang ada di tampilan Cakewalk Pro Audio 9 akan terisi oleh track midi.
3. Cari track kosong untuk menyimpan hasil rekaman midi tersebut kemudian atur input audio untuk proses perekaman dengan cara > Doubel klik pada kolom source, maka akan tampil bidang pengaturan audio > pilih input audio yag akan dipergunakan untuk perekaman ( disini saya menggunakan virtual audio kabel )  " baca juga bagaimana Merekam audio komputer menggunakan Virtual Audio Cable di Window 7 " untuk sobat yang menggunakan Window XP bisa juga menggunakan input STEREO MIX  >  Klik OK.

Convert Midi To MP3 Menggunakan Cakewalk Pro Audio 9


4. Aktipkan ARM dengan cara > Klik huruf R sehingga warna kotak pada huruf R berubah menjadi merah > mulai perekaman dengan mengklik tombol RECORD Atau pijit huruf R di keyboard, proses perekaman berjalan sampai selesai dan akan terlihat bidang audio hasil rekaman tadi (Berwarna hijau), sekarang saatnya kita menyimpan hasil rekaman tadi ke format MP3.

Convert Midi To MP3 Menggunakan Cakewalk Pro Audio 9


5. Klik menu TOOLS ( Pada toolbar bagian atas program ) > Sorot MIXDOWN AUDIO > Klik EXPORT TO FILES ( S ) maka akan tampil bidang baru  > Pada kolom FILE NAME Namai file audio kita >  Pada kolom FILES OF TYPE  Pilihlah MP3 > Klik EXPORT.
Sampai disini proses konvert Midi ke Mp3 sudah selsai ,,, semoga tutorial ini bisa membantu

Belum ada Komentar untuk "Convert Midi To MP3 Menggunakan Cakewalk Pro Audio 9"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel