Midi To Style Yamaha Psr Menggunakan OMB

     Disini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat atau memotong mdi menjadi Style YAMAHA PSR menggunakan One Man Band ( OMB ) . Oke disini saya akan sedikit jelaskan apa itu OMB ? .
   OMB adalah sebuah program yang berpungsi sebagai  Virtual keyboard arranger dan editor Style dan juga bisa dipergunakan untuk memainkan style keyboard yamaha di PC atau komputer. Mengkonversi setiap MIDI-PC atau MIDI-keyboard ke keyboard arranger. Termasuk editor STYLE paling komprehensif. Mudah digunakan sequencing dan alat karaoke .Memungkinkan Anda untuk menggunakan synthesizer software di kedua melodi dan chord Menggunakan MIDI Keyboard controller dalam setingan auto chord. Sobat juga dapat Mengkonversi setiap synthesizer atau piano digital ke keyboard arranger. Baiklah kita langsung menuju ke tutorialnnya

Memotong midi menjadi style yamaha



1. Disini saya asumsikan program OMB sudah terinstall di PC atau laptop sobat.
2. Buka Programnya > menu WINDOW > STYLEMAKER

Midi To Style Yamaha Psr Menggunakan OMB


3. Klik tombol LOAD > Masukkan midi yang akan dibuat style.
4. Pilih part yang akan dibuat style pada kolom SELECTED PART sebagai contoh disini saya pilih INTRO A

Midi To Style Yamaha Psr Menggunakan OMB


5. Tekan tombol PASTE maka akan keluar tampilan baru
6. Centang angka 9 pada bagian DRUM CHANEL disini bertujuan untuk meng aktipkan drum chanel pada track 9 pada keyboard sobat.
7. Pada kolom TRANSPOSISION MODE pilih MELODIY ( Khusus buat part yang brisi intro atau interload sedangkan untuk part MAIN  pilih CHORD )
7. Isi pada kolom FROM dengan angka nol (0) dan Angka 300 pada kolom THRU disini dimaksudkan kita bisa mendengarkan midi tersebut dari awal sampai tamat.

8. Klik tombol AUDITION untuk mendengarkan dan menghitung berapa panjang bar INTRO A yang akan kita buat. nah dalm bagian ini kita harus jeli mendengarkan bar demi bar midi tersebut  misalnya intro lagu tersebut mulai dari bar 1 dan berakhir pada bar 18 maka pada bagian kolom FROM kita ganti dengan angka 1 dan pada kolom THRU kita ganti dengan angka 18 begitupun pada part selanjutnya misaklan interloadnya  dimulai dengan  angka 42 dan berakhir di angka 54 maka maka kita isi dengan angka 42 da 54 dan selnjutnya prosesnya sama.

Midi To Style Yamaha Psr Menggunakan OMB


Langkah selanjutnya kita tinggal men-setiing destination track nya. Untuk membuat style dari midi kadang letak instrumen yang ada tidak sesuai dengan posisi standard style keyboard misalnya posisi instrument Bass pada midi terletak di track 2 kalo tidak kita atur ini nggak mungkin terbaca pada keyboard sedangkan pada style keyboad pada umumnya bass terletak di track 11 maka dari itu kita hwarus mengaturnya. Ok langsung saja.

1. Dengarkan dulu instumen yang akan kia atur dengan mengklik salah satu instrumwen kemudian PLAY
2. Ganti angka pada kolom CTRL DEST menjwadi angka 11  begitupun pada kolom DEST CHAN ( sebagai contoh disini instrument bass yang saya atur ) demikian juga untuk instrumen yang lain dengan proses yang sama dan disesuaikan dengan masing masing track.

Midi To Style Yamaha Psr Menggunakan OMB


Untuk selanjutnya sobat sudah berhasil membuat midi dari style kemudian simpan style anda. Demikian tutorial ini semoga bermanfaat dan contoh style yang suport omb bisa juga sobat dapatkan di blog ini.. Salam 



Belum ada Komentar untuk "Midi To Style Yamaha Psr Menggunakan OMB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel