Mengkoneksikan Cakewalk Pro Audio 9 Dengan Reaper Dan Battery 3

   Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengkoneksikan program Cakewalk pro audio9  dengan Battey3 dan Reaper. Tentunya hal ini sangat bemanpaat bagi kta yang hobbynya membuat style keyboard yamaha atau membuat midi terutama untuk versi sampling karena secara langsug suara sampling itu dapat kita dengar secara sempurna melalui load speaker komputer atau laptop kita, sudah ita ketahui dengan kemampuan program cakewalk yang bisa langsung membaca format style yamaha yang ber extensikan STY kia akan lebih mudah merubah atau membuat suara kendang, bass atau drum sesuai dengan kit sampling kita secara real. dan cara ini juga bisa menghubungkan tiap chanel ke program Reaper dengan  kit yang berbeda-beda. Intinya kita bisa memainkan modul sampling menggunakan Cakewalk.Oke,.. sekarang langsung saja ke tutorialnya :

Silahkan Sobat download program yang diperlukan untuk tutorial ini dan disini mohon maaf saya tidak menyediakan link downloadnya , silahkan sobat cari di mbah google  .. banyak ko... :

1. Loopbe 30
2. Reaper 4
3. Battery 3

  Silahkan install Program Loopbe30 di komputer atau pc sobat. Loopbe30 ini berpungsi sebagai virtual kabel yang akan menghubungkan tiap chanel program cakewalk ke reaper makanya sangat penting menginstall program ini sebelum menginstall yang lain. Beikutmya silahkan install program battery 3 dan reaper .

   Selanjutnya kita masuk ke langhkah pen-setingan :
Dalam program Cakewalk ada beberapa langkah yang haurs di setting saat kita mengkoneksikan tiap canel program tersebut ke Reaper

1. Buka program Cakewalk pro audio 9
2. Pada menu OPTION > pilih MIDI DEVICE - Maka akan keluar tampillan MIDI PORT pada kolom MIDI OUT kita blok semua port midi yang ada  > kemudian OK

Mengkoneksikan  Cakewalk Pro Audio 9 Dengan Reaper Dan Battery 3


2. Masukan file Midi atau Style Yang akan di edit
3. Setting midi o ut dari tiap chanel yang akan dikoneksikan dengan Reaper  dengan cara :
Klik kanan padae kolom SOURCE > TRACK PROPERTIES  maka akan muncul tampilan bau, Pada kolom port pilih 01-INTERNAL MIDI > OK. Sampai disini pen-setnyan pada program Cakewalk sudah selesai.

Mengkoneksikan  Cakewalk Pro Audio 9 Dengan Reaper Dan Battery 3


Langkah-langkah setting program reaper.



Untuk sobat yang sering berkecimpung di bidang sampling tentunya sudah tidak asing lagi bagaimana cara men-setting program reaper supaya bisa terkonkeksi dengan midi input dan program Battery 3. Pada dasar nya prinsip kerja cara ini sama saja saat kita memainkan sampling external atau sampling modul laptop dengan menggunakan keyboard kita cuman disini keyboard yang biasa kita gunakan kita ganti dengan program Caakewalk Pro Audio9. Dalam lm angkah ini kta buka program Reaper kemudian Seting bagian devicenya dengan membuka menu OPTION > PREFERENES > MIDI DEVICES ? Aktipkan atau enable 01 internal midi dan 02 internal midi 4. Buat trasck baru dengan cara klik kanan  > insert new track
5.Klik fx  > pilih DXi > dooubel klik  DXi NI Battery3 > masukan file sampling yg akan dipergunakan
5. Aktipkan RECORB MONITORING
5. Setting input midi sesuai track yang akan dipergunakan
Sampai disini kia sudah bisa bermain sampling menggunakan cakewalk pro audio 9. Demikian tutorial ini semoga bermanfaat..

Belum ada Komentar untuk "Mengkoneksikan Cakewalk Pro Audio 9 Dengan Reaper Dan Battery 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel