Merubah Musik Karaoke Menjadi Minus One Menggunakan GoldWave

   Kali ini saya akan membahas bagaimana merubah musik karaoke menjadi minus one. Dalam pengertiannya menurut saya antara musik karaoke dan musik minus one itu berbeda, kalo musik karaoke itu terdapat dua track  kiri dan kanan, track yang kiri biasanya di isi vocal sedangkan track yang kanan di isi musik atau sebaliknya sedangkan musik minus one kedua track kiri dan kanan hanya musik saja . Hal ini sangat berguna untu kita sebagai musisi keyboard terutama pengguna keyboard yamaha type PSRs 750 ke atas yang di fasilitasi bisa memutar file WAV ataupun MP3 dimana sebagai alternatip pertama memenuhi atensi lagu sebelum kita mempelajarinya. Ok langsung saja ke tutorialnya.

Langkah-langkah membuat musik minus one

1. Silahkan install program GoldWave di komputer Sobat ( untuk programnya silahkan sobat cari di google ).

2. Buka program GoldWave kemudian masukkan file audio karaoke yang akan dirubah menjadi Minus One dengan cara FILE > OPEN > OPEN

Merubah Musik Karaoke Menjadi Minus One Menggunakan GoldWave

3 Setelah kita memasukkan file audio nya maka akan terlihat seperti gambar di atas ada dua track yang atas atau yang bawah hapuslah salah satu nya yang berisi vocal dengan cara : Block salah satu tracknya dengan meng KLIK Tombol CHAN yang ada di bagian atas dibawah Toolbar program tersebut setelah yakin dan dipilih track mana yang akan dihapus,  dalam prakteknya tamplan track pada GoldWave akan berbeda yaitu track yang satu berwarna gelap dan track yang satu lagi berwarnan terang, nah track yang berwarna terang inilah yang akan dihapus, dan setelah di hapus otomatis track ini akan kosong.

Merubah Musik Karaoke Menjadi Minus One Menggunakan GoldWave


4. Copy kan track yang bersisi musiknya saja ke area track yang sudah kosong dengan cara tekan lagi tombol CHAN supaya track yang akan di copy terlihat terang kemudian klik tombol COPY lalu klik lagi tombol CHAN (2x) sampai kolom track yang kosong berwarna cerah dan sebaliknya kolom track yang ada musiknya berwarna gelap, Setelak yakin terseleksi area track nya silahklan klik tombol PASTE .
5. Simpan musi sobat pada komputer sobat.

Dengan demikian Sobat sudah bisa merubah musik karaoke menjadi Minus One.. Salam ...Semoga bermanfaat..

Baca juga merubah musik Mp3 menjadi Wav menggunakan GoldWave


1 Komentar untuk "Merubah Musik Karaoke Menjadi Minus One Menggunakan GoldWave"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel