Cakewalk Sonar : Merekam Vokal Dan Alat Musik

   Merekam vokal dan alat musik Salah satu aspek terpenting dalam menciptakan musik di SONAR adalah perekaman audio digital. Ini adalah proses mengambil suara dari mikrofon atau instrumen dan merekamnya ke trek audio. Setelah langkah ini selesai, Anda dapat mengedit dan mencampur lagu untuk mempersiapkannya untuk dibagikan kepada dunia. Tutorial ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang terlibat dan memberi Anda beberapa wawasan tentang cara mendapatkan rekaman audio sebaik mungkin. Menambahkan trek audio. 

Membuat Template Proyek Pada Cakewalk

Mari kita buka proyek kosong untuk tutorial ini: 
1. Pada menu File, klik New. 
2. Pilih BASIC template dan klik OK. 
Proyek kosong baru dibuat. Dengan proyek kosong terbuka, Anda dapat memasukkan trek baru saat Anda membutuhkannya. Untuk tugas merekam audio digital, Anda memerlukan track audio baru. 

Ikuti langkah-langkah ini : 
3. Lakukan salah satu dari yang berikut: 
Klik INSERT lalu klik AUDIO TRACK
Klik kanan pada panel Tracks dan pilih INSERT AUDIO TRACK pada menu pop-up. 
Klik tombol Add Track pada tampilan Track untuk membuka menu Add Track, lalu tentukan pengaturan yang diinginkan dan klik Create. 
Trek audio baru ditambahkan ke proyek Anda. 


4. Di trek audio baru, perluas lintasan untuk memaparkan semua kontrolnya (untuk detailnya, lihat Untuk meluaskan lintasan agar semua kontrolnya terlihat). 
5. Kontrol track akan tampil. 
6. Klik menu tarik-turun Input untuk memilih input lagu. Input yang tersedia untuk trek ditampilkan. 
7. Pilih Jack input yang dihubungkan instrumen Anda. 
Jika Anda tahu, misalnya, bahwa gitar Anda dicolokkan ke input 1, klik kontrol Input dan pilih opsi pertama. Beberapa interfaces audio merujuk pada input stereo mereka sebagai pasangan, seperti 1/2, 3/4 atau 5/6. Saluran yang paling sering diwakili oleh angka ganjil dan saluran kanan diwakili oleh bilangan genap. 
Catatan: Kebanyakan mikrofon dan gitar adalah mono, jadi Anda sebaiknya memilih saluran kiri atau kanan yang sesuai.
 8. Klik menu drop-down Output untuk memilih output track. Output yang tersedia untuk trek ditampilkan. 
9. Pilih output yang Anda inginkan agar track audio diputar selama pemutaran. Anda biasanya akan memilih 1 dan 2, karena ini adalah output yang paling umum yang dihubungkan oleh speaker atau monitor audio. 
10. Klik tombol Rekam Aktifkan lagu.
Catatan: SONAR hanya memungkinkan perekaman ke trek yang telah merekam diaktifkan. Ini diperlukan karena SONAR memungkinkan perekaman multi-track. Ini memberi tahu SONAR trek apa yang Anda inginkan untuk merekam materi baru Anda. Jika tidak, setiap lagu akan direkam ke setiap pengambilan. 
11. Klik tombol Input Echo jika Anda ingin mendengar input selama perekaman.
Banyak kartu suara dan interfaces audio memiliki opsi untuk melakukan ini secara otomatis pada tingkat perangkat keras. Jika Anda sudah dapat mendengar sinyal input, lanjutkan saja ke bagian selanjutnya.
Bersiap untuk merekam Pada titik ini, kita perlu memeriksa level input untuk memastikan mereka cukup dan tidak terdistorsi. Lakukan seperti yang Anda lakukan jika Anda merekam dan perhatikan meter di trek merespons suara yang Anda hasilkan. Jika meter tidak pernah mendekati maksimum, tingkatkan level input. Jika meteran bahkan sesekali mencapai maksimum, kurangi level input. Tingkat input biasanya disesuaikan melalui tombol di samping jack input pada kartu suara, tetapi fitur seperti ini mungkin sedikit berbeda antar perangkat. Jadi, jika Anda belum pernah merekam instrumen atau mikrofon dengan kartu suara Anda, Anda mungkin ingin membaca tentang melakukannya di manual perangkat.

Gambar 57. Meter rekaman menunjukkan level input.

Cakewalk Sonar : Merekam Vokal Dan Alat Musik



Langkah Untuk Merekam Audio Mengunakan Cakewalk

Pergi ke Edit> Preferences> Project - Metronome untuk mengakses pengaturan metronome. Anda juga dapat mengeklik kanan tombol Playback Metronome on / off atau tombol Metronom Nyala / Mati di modul Transport Bar Transport untuk mengakses pengaturan metronom.
12. Atur metronom untuk hitungan 2 hitungan. Klik USE AUDIO METRONOM, pilih kotak centang RECORDING dan atur RECORD COUNT-IN pada measur ke 2. Untuk detail tentang setiap opsi metronom, klik Bantuan. 
13. Pastikan track telah direkam diaktifkan dengan mengklik tombol RECORD ENABLE lagu. Tombol Record enable di trek harus menyala merah seperti ini:.

14. Klik tombol RECORD di modul Transport Bar Transport, atau tekan R pada keyboard komputer Anda. Anda akan mendengar dua tindakan dihitung oleh metronom dan kemudian perekaman akan dimulai. Mulai lakukan di awal hitungan ketiga. 
15. Ketika Anda selesai merekam, klik tombol STOP atau tekan tombol spasi. Klip audio baru muncul. 
16. Tekan PLAY untuk memutar ulang proyek. Jika Anda ingin mengulang kembali, pergi ke Edit> Undo untuk membatalkan perekaman sebelumnya, lalu ulangi langkah 3, 4 dan 5 di atas sampai Anda mendapatkan hasil yang sempurna.
Demikan tutorial ini semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Cakewalk Sonar : Merekam Vokal Dan Alat Musik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel