Tampilan Layar Utama Dan Fungsi Tombol Keyboard Yamaha PSR

    Layar tampilan utama adalah panel kontrol pusat. Jika Sobat  ingin mengoperasikan  keyboard yamaha PSR-s950 atau type yang lainnya   sebelum atau saat memainkan lagu dan sobat , tampilan ini juga umum dan banyak persamaan dari berbagai type alat musik keyboard yamaya psr disino Sobat mengomunikasikan apa yang Sobat inginkan dengan menggunakan kontrol yang mengelilingi layar tampilan MAIN. dimana banyak tombol-tombol yang nantinya untuk di operasikan disaat kita memainkan alat musik keyboard tersebut. Sobat akan melihat  10 tombol kontrol utama, berlabel [A] ... [E] di sisi kiri layar dan [F] ... [I] di sisi kanan layar, adalah sama pada semua dari keyboard Yamaha. Demikian pula, di bagian bawah layar terdapat 16 tombol, dalam dua baris 8, baris atas dengan panah menghadap ke atas dan baris bawah dengan panah menghadap ke bawah.

Untuk tampilan gambat di bawah saya contohkan tapilan layar utama untuk keyboard jenis Yamaha PSR-s950

Tampilan Layar Utama Dan Fungsi Tombol  Keyboard Yamaha PSR

Tombol Kiri dan Kanan Yamaha PSR

Di tengah layar, semua model memiliki meja dengan dua kolom dan 5 baris. Kolom di sebelah kiri dikaitkan dengan tombol [A] ... [E] dan kolom di sebelah kanan dengan tombol [F] ... [J].Tombol [A] berada di sebelah sel SONG, yang digunakan saat Sobat ingin memutar lagu midi. Di kanan atas, di sebelah tombol [F] adalah sel untuk suara sebelah kanan pertama. Tabel di bawah ini menunjukkan kepada Sobat, model berdasarkan model, apa yang dikontrol setiap tombol samping. Sel SONG selalu di sebelah tombol [A] dan suara Right1, R2 selalu di sebelah tombol [F] dan [G] masing-masing. Namun, perubahan desain dari waktu ke waktu telah memposisikan ulang beberapa sel reguler lainnya, terutama sel STYLE. Dalam berbagai ilustrasi, kita dapat merujuk ke layar tampilan untuk Tyros3 dan tombol tertentu di sebelah kiri atau kanan. Keyboard khusus Anda, bagaimanapun, mungkin memiliki sel yang direferensikan diposisikan di sebelah tombol yang berbed. Gambar di bawah adalah tabel isi dan fungsi setiap tombol

Tampilan Layar Utama Dan Fungsi Tombol  Keyboard Yamaha PSR

Tombol Bawah Keyboard Yamaha PSR (1 sampai 8)

Di bawah layar tampilan ada dua baris tombol bernomor [1] ... [8]. Tombol-tombol ini digunakan untuk memilih opsi yang ditampilkan di bagian bawah layar di bawah sel tabel utama. Dalam ilustrasi di atas, kontrol BALANCE suara ditampilkan:

1-SONG, 2- STYLE, 3-MPAD, 4-MIC, 5-KIRI, 6-KANAN1, 7-KANAN2, 8-KANAN3

sOBAT dapat mengontrol nilai suara relatif untuk bagian-bagian yang berbeda ini dengan menggunakan tombol yang sesuai di bagian bawah layar. Ada 8 tombol ini. Mereka menggambarkan volume "slider"  (dengan menekan tombol bernomor atas) atau ke bawah (dengan menekan tombol bernomor lebih rendah). Misalnya, untuk mengubah suara STYLE relatif terhadap suara kanan dan kiri, Anda akan menekan tombol [3] bawah dan atas untuk menggerakkan slider ke arah yang diinginkan.

Pada beberapa layar, area bawah sebenarnya dapat menampilkan dua baris informasi. Dalam kasus ini, baris bawah dikendalikan oleh tombol bernomor bawah dan baris atas oleh tombol bernomor atas. Ini akan lebih jelas karena kami melihat layar tampilan yang berbeda yang Anda temui saat Anda bekerja dengan keyboard Anda.

Tombol TAB Keyboard Yamaha PSR

Beberapa layar tampilan mungkin melibatkan beberapa komponen utama yang ditunjukkan oleh tab jenis folder di bagian atas layar. Misalnya, keyboard Sobat berisi style PRESET internal yang selalu tersedia. Tetapi Sobat  mungkin juga memiliki beberapa style yang disimpan di area PENGGUNA terpisah dalam keyboard, pada USB flash drive, atau, jika Sobat memiliki hard drive, pada hard drive itu sendiri (HD1). Masing-masing area penyimpanan utama ini akan diwakili oleh tab terpisah dan Anda akan menggunakan dua tombol "TAB" yang terletak di bagian atas dan di sebelah kanan layar utama. Kunci tab ini, kadang-kadang diberi label [PREV] dan [NEXT] digunakan untuk berpindah dari satu tab ke area berikutnya.

Tombol EXIT Keyboard Yamaha PSR

Tombol [EXIT] terletak biasanya di sebelah kanan dan di bawah layar tampilan utama. Saat Sobat memilih opsi, layar tampilan baru terbuka tempat Anda dapat membuat pilihan tambahan. Beberapa pilihan ini dapat membuka layar tampilan lain. Tombol [EXIT] digunakan untuk menutup layar tampilan saat ini dan memindahkan Anda kembali ke layar sebelumnya. Layar atas adalah layar utama yang Anda lihat gambar di atas. Menekan [EXIT] berulang kali akan selalu mengembalikan Anda, pada akhirnya, ke layar UTAMA

Tombol DIRECT ACCESS Yamaha PSR

Perhatikan juga tombol bertanda [DIRECT ACCESS], biasanya terletak di bagian kiri bawah kontrol. Anda dapat menggunakan tombol ini bersama dengan tombol lain pada keyboard untuk segera melompat ke layar opsi tertentu. Anda akan melihat contoh ini di beberapa pelajaran.Sekarang setelah Anda memiliki tampilan yang bagus di panel keyboard (dan belakang) serta layar utama, saatnya untuk mendengar beberapa suara yang dapat dihasilkan keyboard Anda. Kami akan melakukannya di pelajaran berikutnya ketika kami mencoba beberapa demo yang termasuk dalam keyboard Anda. Dalam bekerja dengan demo, Anda juga akan mendapat pengenalan yang bagus tentang cara kerja kontrol layar display tersebut.

Sumber : https://psrtutorial.com/lessons/start/s15_display.html

Belum ada Komentar untuk "Tampilan Layar Utama Dan Fungsi Tombol Keyboard Yamaha PSR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel