Home » » 3 Point Awal Memulai Proses Digital Recording

3 Point Awal Memulai Proses Digital Recording

Posted by Cakrawala Musik Enterprise on Minggu, 06 Maret 2016

          Ada beberapa proses pengerjaan dimanya ikta akan melakukan digital recording yaitu  :  3 Point Awal Memulai Proses Digital Recording. Dalam proses recording yang dibutuhkan  DAW  yaitu : Digital Audio Workstation , berfungsi terkecuali juga sebagai program buat merekam, serta sebagai host/terminal dari program-program plugin atau vst instrument. menjadi DAW ini sanggup menampung/menampilkan/sebagai area berjalannya program plugin & vst instrumen. Nama-nama program DAW antara lain Steinberg Nuendo, Cubase, Adobe audition, cool edit, sonar, dan lain-lain. silahkan pilih salah satu. tetapi  yang saya gunakan   program nuendo 3, pilihan tergantung selera sebab dengan cara umum kemampuannya sama saja.



  • Editing dan mixing.
       Sesudah didapat file wave audio hasil take, sehingga pasti meerlukan sentuhan editing misalnya  EQ, echo, reverb, compressor dan lain-lain biar warna nada jadi lbh oke, di DAW telah sediakan beberapa fitur ini, kalo dirasa belum maksimal instalkan saja plugin-plugin & FX yg tepat kepentingan, nanti bakal automatis terintegrasi dgn DAW. misalnya wave audio track suara vokal ada yang sedikit sumbang, sehingga dapat dikoreksi nadanya dan akan di tune oleh plugin dari program celemony melodyne, mau terdengar sedikit berat atau serak pake wave vocal bundle dan lain-lain, . Proses mixing merupakan step balancing seluruhnya track biar tak tumpang tindih dari volume tiap track & setingan parameter equalizer maka ketika di mainkan semuanya akan terdengar harmonis,dfari hasil mixing akan di mixdown oleh program nuendo ke file wma, wav, mp3, dan lain-lain. pilih saja wav ataupun wma, dari hasil mixing ini masihlah mentah jadi jangan sampai menginginkan bakal lantang, jernih dan keras seperti lagu seleb yg udah menjadi. patokan standart dari  hasil mixing pada  level -12db, perihal ini buat memperoleh headroom yg baik ketika mastering.


       Kesimpulan : Untuk melakukan pekerjaan recording tentunya kia harus pandai memili program mana yang akan kita pergunakan sehingga dalam pengerjaanya sangat mudah difahami, tidak terlalu menguras otak dan tentunya dengan hasil yang sangat maksimal, sebab telinga - telinga manusia jaman sekarang sudah sangat sensitif terhadap apa yang didengar untuk musik saja mereka akan mudah mengkritik apabila ada kesalahan. Tapi juga ada nilai positipnya bagi kita sehingga dalam mengerjakan proses miksing dalam pengerjaan recording kita akan lebih teliti,

      Demikian informasi tentang 3 Point Awal Memulai Proses Digital Recording  semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua dan semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Cakrawala Musik Enterprise

Bagikan ke orang lain!!
Previous
« Prev Post

0 Comments:

Posting Komentar

Popular Posts