Cara Mengisi OTS Atau One Touch Settings Pada Yamaha PSR

      Hallo Teman .. Jika sobat kebetulan memiliki Style dari PSR yang lebih lama atau dari keyboard lain, Sobat mungkin ingin menyetel style itu agar berfungsi seperti yang Anda inginkan di PSR atau Tyros Sobat.  Sobat juga ingin memanfaatkan fitur OTS yang memungkinkan Sobat membuat pengaturan satu sentuhan Sobat sendiri untuk mengiringi style tersebut. Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya dalam tutorial  ini.

Mengisi One Touch Settings

Jika Sobat memainkan style prasetel yang sudah memiliki pengaturan sekali sentuh, tugas membuat OTS sedikit lebih mudah daripada jika Sobaty memainkan style dari keyboard lain yang tidak tersedia OTS sama sekali. Disini Saya akan memberikan beberapa petunjuk tentang cara membuatnya sendiri.  Mari kita asumsikan Sobat memilih OTS1 untuk beberapa gaya dan mulai bermain. Suara RIGHT1 biasanya ON, tetapi suara RIGHT2 dan LEFT mungkin atau mungkin tidak ON. Jika Sobat telah membaca pelajaran ini dari awal, Sobat tahu cara mengubah suara RIGHT1 menjadi suara lain, cara MENGAKTIFKAN atau MENONAKTIFKAN suara RIGHT2 dan LEFT dan cara mengaturnya sesuai keinginan Sobat. Silakan dan lakukan itu.

Cara Mengisi OTS Atau One Touch Settings Pada Yamaha PSR

   Sobat sekarang memiliki style  dengan suara yang Sobat inginkan. Untuk menyimpan suara-suara ini ke dalam tombol OTS1, tekan tombol [MEMORY] yang terletak di sebelah kanan dari 8 tombol pendaftaran dan kemudian tekan tombol OTS1. Ini menyimpan pengaturan Sobat ke dalam OTS1. Untuk MENYIMPAN pengaturan itu, Sobat perlu menyimpan seluruh style. Jika Sobat bekerja dengan style dari area USER (atau FLOPPY atau CARD atau HD atau USB), simpan saja kembali style tersebut ke tempat penyimpanannya. Saat Sobat memuatnya lagi, pengaturan OTS Sobat akan diubah di tombol 1. Jika Sobat bekerja dengan style PRESET, Sobat tidak dapat menyimpannya ke area preset, Sobat harus menyimpan salinan style itu ke area USER atau ke salah satu tempat penyimpanan lainnya. Metode sederhana untuk menyimpan style ini, akan menangani perubahan dalam OTS. Tapi itu tidak akan menangani perubahan pada tempo default atau penyesuaian apa pun pada suara atau volume pengiring. Untuk perubahan tersebut, Sobat perlu masuk ke rekaman digital untuk menyimpan style Sobat seperti yang dijelaskan dalam pelajaran sebelumnya. Ada juga beberapa pertimbangan yang harus Sobat ketahui tentang apa yang sebenarnya disimpan dalam memori OTS. Ini dibahas di bawah ini.

Metode 1: Membuat OTS Dengan Menggunakan OTS yang Ada

Misalkan Sobat bekerja dengan style rock country dari keyboard lain dan tidak ada OTS yang disimpan dengan style tersebut tetapi Sobat ingin menambahkan pengaturan satu sentuhan. Tidak diragukan lagi, keyboard Sobat sudah memiliki style Country Rock-nya sendiri dengan empat OTS yang tepat untuk country rock yang sedang Sobat kerjakan. Jadi, rencana paling sederhana adalah mengambil OTS yang terkait dengan style Country Rock internal dan menyalinnya ke style country rock baru yang Sobat tala. Yang perlu Sobat lakukan adalah memuat style Country Rock internal, simpan masing-masing dari empat pengaturan OTS di suatu tempat, lalu muat style baru yang sedang Sobat kerjakan, dan salin pengaturan OTS yang disimpan ke lokasi memori OTS untuk file baru. Kedengarannya cukup mudah, tetapi Sobat harus mengikuti serangkaian langkah yang sangat spesifik untuk mencapai ini.


Menyimpan OTS Internal

Sobat akan menyimpan OTS internal ke dalam area memori registrasi Sobat. Yang terbaik adalah memulai dengan memori registrasi BLANK. Itulah tepatnya yang dimiliki tombol memori registrasi Sobat saat Sobat menghidupkan PSR Sobat. Tetapi jika Sobat telah memuat file pendaftaran apa pun, file itu tidak lagi kosong. Keyboard setelah PSR mengingat file registrasi terakhir dan mereka memulai dengan itu masih di tempatnya. Sobat dapat dengan mudah menimpa apa yang ada di sana, tetapi jika Sobat tidak berhati-hati, Sobat mungkin akan menyimpan file di bawah nama aslinya dan dengan demikian mengacaukan file registrasi asli Sobat. Berhati-hatilah. Mulailah dengan file kosong. Pastikan untuk meninjau pelajaran pendaftaran kami, di mana Sobat akan mempelajari semua tentang file pendaftaran dan cara membuat file pendaftaran kosong jika Sobat memerlukannya. Setelah file registrasi KOSONG Sobat dimuat, muat Style internal dari mana Sobat ingin menyalin OTS. Sekarang, jika Sobat menekan OTS1, Style mulai diputar dan Sobat dapat melihat suara yang digunakan untuk suara kiri dan kanan. Sobat dapat, pada gilirannya, menekan OTS2, OTS3, OTS4 dan pengaturan PSR akan berubah sesuai saat Sobat berpindah dari satu OTS ke OTS lainnya. Oke, mari kita simpan keempat pengaturan OTS itu di empat lokasi memori registrasi pertama. Tekan OTS1 untuk memanggil pengaturan pertama. Sekarang, tekan tombol [MEMORY] lalu tekan tombol Registrasi pertama (saya akan menyebutnya R1 meskipun hanya berlabel "1" pada keyboard Sobat.) Sekarang Sobat telah menyimpan OTS pertama di [R1]. 

Apa yang Disimpan Dalam Isi  Registrasi  Memori?

Tekan tombol [MEMORY] itu lagi, tapi jangan tekan yang lain. Cukup periksa layar REGISTRATION MEMORY CONTENTS yang ditunjukkan di bawah ini

Cara Mengisi OTS Atau One Touch Settings Pada Yamaha PSR

Untuk OTS, ini menginstruksikan Sobat untuk sekarang menekan tombol OTS yang relevan. Namun, untuk Memori Registrasi, Sobat diminta untuk menSobati grup yang akan dihafalkan ke tombol Memori Registrasi yang Sobat pilih. Sobat dapat memilih apa yang akan disimpan dalam memori registrasi; tetapi Sobat tidak dapat memilih apa yang disimpan di OTS. Dan, saat Sobat menyimpan pengaturan ke lokasi memori pendaftaran, hanya parameter untuk grup yang dipilih dalam kotak PILIH GROUP di bagian bawah layar yang akan disimpan. Dalam ilustrasi yang ditampilkan di sini, STYLE, VOICE, MULTIPAD, HARMONY, TEMPO, PEDAL, TRANSPOSE, dan SCALE akan disimpan. Pelajaran pendaftaran memberikan lebih banyak detail tentang apa yang disimpan di masing-masing grup ini atau Sobat dapat merujuk ke Bagan parameter di manual Daftar Data untuk keyboard Sobat. Namun untuk saat ini, izinkan saya menegaskan bahwa untuk latihan ini, yang benar-benar perlu kita simpan hanyalah pengaturan VOICE, MULTIPAD, dan HARMONY. Itu karena OTS menyimpan semua parameter terkait suara (dan itu termasuk suara tangan kiri serta semua suara tangan kanan) serta Harmoni.. Demikian tutorial ini Semoga bermanfaat..

Sumber : https://psrtutorial.com/lessons/tune/adjStyle/AStyles70OTS.html

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengisi OTS Atau One Touch Settings Pada Yamaha PSR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel